Ads

Countif Berfungsi Untuk

Menghitung berdasarkan kriteria tertentu diexcel bisa dilakukan dengan fungsi countif. Criteria adalah ekspresi yang berisi operasi logika teks atau angka yang akan diujikan pada range.

Pin Di Panduan Ops Channel

Secara sederhana countif berbentuk sebagai berikut.

Countif berfungsi untuk. Fungsi atau rumus countif pada umumnya mempunyai. Selain itu countif juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah karakter tertentu di excel. Pengertian fungsi countifs excel pada rumus excel fungsi countifs digunakan untuk mengetahui jumlah data atau sel yang memenuhi banyak kriteria.

Sebenarnya selain countif ada pula rumus lain yang sangat mirip yaitu countifs. Fungsi countif merupakan salah satu dari beberapa fungsi atau formula logika yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek kondisi suatu data yang dapat memberikan hitungan angka berdasarkan range yang dipilih dalam suatu cells dengan memberikan ciri atau criteria tertentu. Rumus countif excel merupakan fungsi excel yang berfungsi untuk menghitung count jumlah cell berdasarkan kriteria atau syarat tertentu yang tunggal.

Bisanya countif digunakan untuk menghitung jumlah siswa yang nilainya berada di atas kkm ataupun yang berada di bawahnya. Gunakan countif salah satu fungsi statistik untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria. Bisa 2 ataupun 3.

Kamu juga bisa menghitung sel yang ingin kamu hitung saja. By daniel belajar microsoft excel 2 comments. Yap itu dia countifs.

Misalnya untuk menghitung berapa kali kota tertentu muncul dalam daftar pelanggan. Countif merupakan rumus yang berfungsi untuk menghitung banyaknya data dengan kriteria tertentu. Menghitung jumlah cell yang dimaksud disini berbeda dengan menjumlah menggunakan fungsi sum atau variannya.

Berikut cara membuat kriteria pada countif. Berikut sistematika countif countif range criteria range pada countif yang akan dihitung. Ternyata setelah saya telurusi countifs sendiri berfungsi untuk mencari menghitung banyaknya kriteria yang kita inginkan lebih dari 1.

Maksud menjumlah disini adalah mencacah atau menghitung banyak cell yang memiliki nilai atau isi sesuai dengan kriteria tertentu. Fungsi countif bisa menghitung berbagai jenis macam data mulai dari nomor teks lambang dan lain sebagainya. Seperti contoh yang saya bahas di bawah ini.

Kalau countif sendiri sih saya sudah sering menggunakannya. Perbedaan countif dan countifs ialah pada kriteria yang dibuat. Countif pada microsoft excel digunakan untuk menghitung banyaknya data pada sel yang memenuhi kriteria tertentu.

Misal kita ingin menghitung huruf a di semua sel.


Belum ada Komentar untuk "Countif Berfungsi Untuk"

Posting Komentar

Menggunakan Fungsi Vlookup

Excel yang dipakai untuk mencari data pada kolom pertama pada sebuah tabel data lalu mengambil nilai dari sel manapun di baris sama pada ta...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel